Pengertian Windows Server, Fungsi, Kekurangan Dan Kelebihannya





A). Pengertian Windows Server 


           Windows Server adalah sistem operasi versi Windows yang khusus digunakan untuk server atau datacenter. Biasanya digunakan sebagai server networking perusahaan, berbagai layanan berbasis cloud, atau sebagai server website, web app dan lain sebagainya. Windows Server ini merupakan produk populer dari Microsoft yang masih mendominasi dari segi sistem operasi pada server atau client.



B). Fungsi Windows Server


Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa Windows Server adalah sistem operasi server yang diperlukan dalam mengelola serta mengatur konfigurasi server dari perangkat perangkat yang terhubung dengan komputer di dalam suatu jaringan komputer.
Sehingga dengan penggunaan Windows Server ini mampu mendukung kinerja dan performa sebuah komputer server yang telah terhubung di suatu jaringan sehingga sistemnya berjalan dengan lebih baik.
Umumnya Windows Server menyediakan layanan yang berfokus pada server misalnya meng-host website, manajemen sumber daya pengguna dan aplikasi, keamanan & otoriasi, messaging (pesan), dan layanan lainnya yang berkaitan dengan server.

Adapun berikut ini beberapa fungsi Windows Server:

a). Membantu untuk mengoperasikan kebanyakan proses pelayanan server dari perintah sistem operasi yang berdasarkan arsitektur yang dimiliki oleh server tersebut.

b). Untuk memberikan hak kepada para pengguna dalam mengakses maupun memanajemen server, baik yang melalui GUI maupun CLI.

c). Untuk membantu konfigurasi server lanjutan dari sisi hardware, software maupun konfigurasi pada layanan jaringan tersebut.

d). Untuk mengelola dan monitoring kimputer client yang terhubung di sistem jaringan dan sistem operasi dalam menjalankan sistem jaringan tersebut.

e). Untuk menyediakan antar muka atau interface terpusat yang akan membantu pengguna (pelaksana keamanan/ admin) dalam menjalankan beragam proses, salah satunya dalam proses administratif.


C). Kelebihan Dan Kekurangan Windows Server


1. Kelebihan:
a). Memiliki powershell sehingga dapat beroperasi tanpa menggunakan graphical user interface (GUI)

b). Adanya powershell pada Windows Server 2008 sehingga administrasi jaringan bisa mengawasi komputer client dari jarak jauh, termasuk ketika melakukan booting

c). Dapat mengatur besar bandwidth yang digunakan oleh aplikasi komputer yang terhubung ke server jaringan

d). Memiliki kemampuan untuk memilih fungsi-fungsi yang akan di install sehingga apabila membutuhkan fungsi lain maka anda dapat menambahkannya tanpa harus menginstal ulang

e). Memiliki fitur network access protection yang dapat mengontrol network security atau keamanan jaringan

f). Melalui Windows Server 2008 maka perusahaan dapat mengendalikan serta mengontrol server karena adanya fitur pengendalian di dalamnya

g). Memiliki fitur Network client administrator yang bisa digunakan dalam penyediaan layanan pada macintosh

h). Mempunyai modal keamanan yang berbasis domain

i). Memiliki alat yang dapat mengintegrasikan netware dan mengontrol jaringan

j). Windows Server 2008 sudah terintegrasi dalam paket back office

k). Compatible digunakan pada sistem operasi lama seperti MS-Dos atau IBM OS/2.


2). Kekurangan:
a). Keamanan dari internet information service kurang terjamin

b). Jika digunakan untuk mengaktifkan activex dan javascript maka browser akan menjadi lebih lambat

c). Sulit untuk melakukan konfigurasi dasar pada Windows Server 2008 dan sulit mengubah file registry

d). Fitur multimedia yang dimiliki masih kurang baik.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian Komputer: Fungsi, Jenis, dan Komponen Komputer

Pengertian Battery Cmos, Fungsi dan Cara Kerja